Langsung ke konten utama
ARRAY 1 DIMENSI

     Array adalah sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama atau Array juga dapat disebut sebagai kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Setiap data tersebut menempati alamat memori atau lokasi yang berbeda-beda dan selanjutnya disebut dengan elemen array. Elemen array sendiri dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya. Namun, penting sekali untuk di ingat bahwa dalam C++ indeks array selalu dimulai dari 0, buka 1.
     Array satu dimensi adalah array yang terdiri dari n buah kolom atau Array satu dimensi adalah array yang terdiri dari 1 subskrip array saja. Setiap elemen array satu dimensi dapat diakses melalui indeks yang terdapat di dalamnya.












Ilustrasi Array atau Ilustrasi Array Satu Dimensi








    Andaikan kita mempunyai 5 buah data berupa integer, yaitu 8, 3, 9, 2, dan 5. Data ini akan kita tempatkan pada tempat seperti di bawah ini.
Data
8
3
9
2
5
Posisi ke-
[0]
[1]
[2]
[3]
[4]


Kita bisa mengidentifikasi setiap elemen dari setiap tempat (selanjutnya kita namakan array atau larik) di atas. Misalkan saja nama array di atas adalah data. Kita bisa menunjuk elemen ke-3 dengan data[3]. Namun kita juga bisa menunjuk elemen ke-0 sampai dengan elemen ke-4. Untuk melakukan hal itu tentu saja kita tidak akan mengatakan data[0], data[1], ..., data[4]. Oleh karena tempatnya urut naik kita dapat menggunakan struktur for untuk menggantikannya :
for (int i=0; i<=4, i++)
cout << data[i];
Artinya kita menjalani setiap elemen dari elemen ke-0 sampai dengan elemen ke-4. Variabel yg mewakili “perjalanan” ini adalah variabel i.

Komentar